Jumat, 28 September 2012

jenis senjata.

JENIS-JENIS SENJATA API [FOTO]

JENIS-JENIS SENJATA API [FOTO]




"JENIS-JENIS SENJATA API [FOTO]"







Walaupun senjata api dari sejak pertama kali ditemukannya hingga sekarang menggunakan prinsip yang sama, yaitu pelontaran proyektil dengan pembakaran, tetapi perkembangan senjata api modern sudah sangat jauh berbeda dengan senjata api di masa lalu. Berikut jenis-jenis senjata api yang dewasa ini banyak beredar di dunia.








Sejak ditemukannya bubuk mesiu, jenis-jenis senjata api dan meriam mulai digunakan oleh manusia untuk berperang. Dinamakan senjata api karena menggunakan pembakaran atau ledakan untuk menghasilkan gas yang dapat mendorong dengan kecepatan tinggi suatu proyektil atau peluru.







Agak membingungkan memang mengapa disebut senjata api, kenapa tidak senjata logam yang cenderung lebih masuk akal. Ternyata penjelasannya demikian. Bahwa kenapa juga disebut timah panas karena timah yang dikeluarkan dari pistol yang terdorong keluar pun karena adanya proses pembakaran.














Energi yang dikeluarkan untuk melontarkan timah-timah panas dari jenis-jenis senjata api tersebut mampu melukai bahkan menghilangkan nyawa seseorang. Maka dari itu, hati-hatilah ketika menggunakan senjata api tersebut.

Di Indonesia, kepemilikan dari jenis-jenis senjata api ini tidak bisa sembarangan. Harus sesuai izin dan peraturan yang berlaku. Karena hal tersebut berkaitan dengan keselamatan seseorang. Jika sembarangan, bukan tidak mungkin nyawa orang bisa melayang.







Jenis-Jenis Senjata Api

Jenis-jenis senjata api yang paling banyak digunakan adalah handguns. Senjata tersebut memiliki desain yang bisa dipegang dan digunakan oleh tangan. Yang termasuk di dalamnya adalah pistol, pistol semi otomatis, pistol mesin, revolver dan derringer.



Jenis-jenis senjata api yang kedua adalah senjata laras panjang, atau dalam bahasa Inggrisnya disebut long guns atau shoulder guns. Senapan rifles dan shotguns termasuk dalam kategori ini.

Jenis-jenis senjata api ketiga adalah senjata berat yang tidak bisa ditangani atau diangkat oleh orang, melainkan harus diletakkan di tanah atau dipasang pada sesuatu. Misalnya kebanyakan senjata mesin, senjata yang terpasang di pesawat terbang, tank, senjata anti pesawat, dan lainnya. Ada pula yang dinamakan meriam, yaitu senjata yang mempunyai kaliber lebih dari 50.
1. Jenis-jenis Senjata Api - Pistol



Jenis-jenis senjata api yang pertama adalah pistol. Yang dimaksud pistol biasanya memang mengacu kepada istilah handgun itu sendiri. Jenis pistol ialah pistol semi otomatis, seperti FN, dan pistol mesin yang full otomatis, seperti UZI.







Pistol merupakan jenis-jenis senjata api yang baru bisa digunakan ketika peluru sudah terlebih dahulu dimasukkan ke dalam magazine. Satu magazine bisa memuat 5 hingga 19 peluru tergantung kepada jenisnya, dan bisa diisi berulang kali. Dalam pemakaiannya, magazine dimasukkan ke dalam pegangan pistol.
2. Jenis-jenis Senjata Api - Revolver






Jenis-jenis senjata api selanjutnya adalah pistol dengan magazine yang berbentuk silinder berlubang, dengan laras yang lebih panjang. Pistol tersebut dikenal juga dengan sebutan revolver. Kita biasa melihatnya di film-film koboi. Biasanya magazine silinder ini dapat diisi 6 peluru, satu peluru dalam setiap lubang. Silinder akan otomatis memutar mengarahkan lubang berikutnya setelah ditembakkan.

Kriteria salah satu senjata yang termasuk dalam jenis-jenis senjata api berikutnya adalah terdapat semacam palu yang memukul ujung bagian peluru ketika pelatuk ditarik, bagian belakang peluru yang berisi bubuk peledak akan seketika terbakar dan meledak, sehingga ujung peluru depan yang merupakan bagian inti dari peluru, akan melesat dengan cepat memburu sasarannya.

Ada pula jenis-jenis senjata api yang lain, yaitu revolver dengan dua buah laras panjang. Jenis ini lebih kuat hentakannya dan lebih lemah akurasinya jika dibandingkan revolver berlaras satu. Tetapi dapat lebih cepat dalam proses penembakkannya.
3. Jenis-jenis Senjata Api - Derringers

Bagian dari jenis-jenis senjata api ini ialah jenis pistol yang sangat kecil dan pendek. Berlaras satu atau dia, dengan pengisian peluru langsung di belakang larasnya. Karena ukurannya yang kecil, senjata jenis ini sering digunakan untuk cadangan yang disembunyikan, atau sebagai pelengkap.
4. Jenis-jenis Senjata Api - Rifles

Rifle adalah salah satu dari jenis-jenis senjata api yang biasanya mempunyai panjang laras lebih dari 18 inci. Terdapat pegangan kearah dada atau bahu, yang disebut stock, agar dapat menahan hentakan yang terjadi ketika menembak, supaya akurasi tetap terjaga.

Laras panjangnya ini biasanya mempunyai alur spiral di dalam, sehingga peluru yang melesat menjadi berputar, dimaksudkan untuk akurasi dan kecepatan yang lebih maksimal.
5. Jenis-jenis Senjata Api - Shotguns

Salah satu dari jenis-jenis senjata api ini berbentuk senapan. Senapan yang memiliki laras panjang dengan kaliber yang biasanya cukup besar. Selain untuk berburu, biasanya digunakan pula untuk berolahraga menembak, dengan sasaran bergerak yang dilontarkan ke udara.
Jenis-jenis Senjata Api - Senjata Semi Otomatis dan Senjata Mesin

Perbedaan yang jelas pada kedua jenis-jenis senjata api adalah jika senjata semi otomatis akan melontarkan peluru ketika pelatuk ditarik, sedangkan senjata mesin benar-benar otomatis penuh, dimana peluru akan terus ditembakkan selama pelatuknya ditarik dan tidak dilepas.

Pada kaliber yang besar, senjata mesin atau machine gun ini dipasang pada sesuatu, misalnya pada tank, helicopter, pesawat dan lainnya. Atau ada juga yang hanya dipasangi kaki-kaki dan diletakkan di tanah. Untuk membedakannya dengan senjata mesin yang berkaliber kecil, maka dimunculkan istilah submachine gun, seperti yang banyak digunakan oleh para gangster di film-film.
Jenis-jenis Senjata Api - Senapan Serbu

Jenis-jenis senjata api selanjutnya dalam bahasa Inggris disebut Assault Rifles, adalah senapan yang digunakan militer. Biasanya memiliki semacam saklar yang dapat memilih mode semi-otomatis atau full otomatis, atau ada pula pilihan burst di beberapa jenis senapan, yaitu memuntahkan sejumlah peluru dalam waktu singkat ketika sekali menarik pelatuk. AK-47, M16 dan FN FAL adalah beberapa jenis senjata yang termasuk jenis-jenis senjata api kategori senapan serbu.
Syarat-syarat Kepemilikan Jenis-jenis Senjata Api

Kesamaan dari jenis-jenis senjata api tersebut adalah sama-sama bukan barang yang bisa digunakan secara umum. Hanya mereka yang sudah terlatih menggunakan alat-alat tersebutlah yang boleh menggunakannya. Itupun dengan syarat-syarat yang berlaku.

Syarat-syarat tersebut tentu saja harus dipenuhi, agar jenis-jenis senjata api tersebut nantinya bisa dipertanggungjawabkan kepemilikannya. Surat izin yang dikeluarkan berkenaan dengan kepemilikian senjata api dikeluarkan oleh pihak kepolisian.

Sehingga catatan syarat bebas perilaku kriminal adalah syarat utama yang harus dipenuhi. Agar nantinya tidak terjadi penyalahgunaan kepemilikian senjata api. Selain itu, mahir menggunakan senjata api juga menjadi syarat selanjutnya yang harus dipenuhi. Oleh karena itu Anda disarankan untuk mengikuti beberapa pelatihan menembak yang diadakan secara legal oleh pihak kepolisian.

Peraturan kepemilikan jenis-jenis senjata api juga tercantum dalam undang-undang pemerintah. Adalah UU Nomor 8 thn 1948 dan UU Nomor 20 thn 1960 merupakan dua peraturan pemerintah terkait dengan kepemilikan senjata api.

Jenis-jenis senjata api yang dimilik juga dibatasi. Untuk perorangan, hanya jenis-jenis senjata api dengan kaliber 22 dan 33 yang izinnya bisa dikeluarkan. Selain itu, tidak. Sedangkan untuk senjata laras panjang, hanya senjata dengan kaliber 12 GA dan kaliber 22 lah yang bisa dikeluarkan izinnya.

Siapapun yang memiliki jenis-jenis senjata api, harus didata. Senjata api tersebut pun dilengkapi dengan surat-surat kepemilikan yang tidak bisa secara bebas berpindah tangan. Agar, jika nanti terjadi penyalahgunaan senjata api, pemilik senjata api tersebut bisa dilacak sesuai data yang sudah ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar